Senin, 30 April 2012

WEDANG

WEDANG UWUH

       Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan sampah. Berbagai jenis herba yang menjadi isi kandungan wedang uwuh di antaranya adalah rimpang jahe, serutan Wit kayu secang, serutan kayu manis, cengkih, daun pala. Kadang ditambahkan pula batang sereh atau daun jeruk. Bisa juga dibubuhi gula batu atau gula merah.
       Wedang Uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta, walau namanya Wedang (minuman) uwuh (sampah),namun dari minuman khas Jogja khusnya Imogiri Jogjakarta, ini kita bisa dapatkan khasiatnya karena uwuh yang dimaksud adalah berbagai campuran bahan bahan organik
       Dilirik dari bahan dasarnya, tidak heran bila wedang uwuh memiliki manfaat untuk kesehatan. Dari mulai jahe, rimpang yang satu ini lebih dari sekadar bumbu dapur. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat Wedang uwuh disajikan panas/hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang.
Khasiat yang dapat kita dapatkan antara lain :

1. Menurunkan Kolesterol
2. Menyegarkan Badan
3. Melancarkan aliran darah
4. Menghilangkan Masuk angin, dan
   beberapa khasiat lainya.

Jadi apabila anda sedang berkunjung ke Jogja anda dapat mencoba dari khasiat dan kehangatan wedang uwuh ini. Atau sebaga oleh oleh keluarga anda.


SARSARPARILLA dan LIMUN

       Minuman Sarsaparilla atau juga orang ada yang menyebut Limun adalah salah satu minuman khas Jogja yang saat ini sudah langka kita temukan dan mungkin hanya bisa ditemukan di Yogyakarta. Minuman berwarna ungu kecoklatan ini dan berbagai rasa ini pada masa lalu pernah menjadi minuman favorit kaum bangsawan Yogyakarta. Maklum, kala itu minuman jenis ini memang berharga relatif mahal.
       Minuman rasa sarsaparilla ini kini semakin sulit didapatkan di Yogyakarta karena produk ini kalah bersaing dengan jenis-jenis atau produk minuman baru seperti coca cola, pepsi dan sejenisnya.
       Minuman rasa sarsaparilla ini pada masa kejayaannya sering menjadi minuman khusus untuk orang yang memiliki hajatan baik sunatan, pengantenan, atau tetesan atau hajatan lainya. Minuman jenis ini sengaja dibeli dan hanya disuguhkan bagi anak yang disunat, orang yang menjadi pengantin, atau anak yang tengah di-tetesi. Hal itu dilakukan untuk menyenangkan hati orang yang tengah menjalani upacara atau tatacara tersebut. Lebih-lebih pada hari raya Idul Fitri minuman ini juga mudah kita jumpai ditempat sanak saudara atau kerabat yang kita kunjungi.

0 komentar:

Posting Komentar